Kamis, 18 Februari 2016

PENDAHULUAN

 1. PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah
Situs web (web site) awalnya merupakan  suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink, yang memudahkan  surfer (sebutan bagi pemakai komputer yang melakukan penelusuran informasi di internet). Web cepat sekali populer di lingkungan pengguna Internet, karena kemudahan yang diberikan kepada pengguna Internet untuk melakukan penelusuran, penjelajahan, dan pencarian informasi (dikenal dengan istilah surfing Internet). 


Informasi yang disajikan dengan web menggunakan konsep multimedia, dapat disajikan dengan menggunakan banyak media (teks, gambar, animasi, suara (audio), dan atau film). Dalam menampilkan berbagai macam informasi, Internet membutuhkan suatu program yang sifatnya (user friendly) dan adanya hubungan timbal balik. Inilah yang disebut dengan aplikasi webAplikasi web merupakan suatu program yang dapat membuat user berinteraksi dengan user lain di lain tempat.

Seiring dengan berkembangnya teknologi,semakin berkembang pula dunia usaha di bidang Penjualan, Hal ini menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam berbagai aspek bidang usaha. Suatu perusahaan dapat berhasil dengan lebih baik jika perusahaan tersebut mampu menyediakan informasi yang up to date dengan cepat dan akurat. Dengan adanya teknologi jaringan komputer, maka suatu perusahaan dapat dengan mudah menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan cepat. Salah satu upaya yaitu dengan membangun situs perusahaan tersebut di jaringan internet.       Saat ini ”PORTAL HELM” yang bergerak di bidang penjualan helm belum mempunyai sentuhan teknologi internet untuk media informasi yang akan disajikan dan media promosi sebagai pemasaran produk – produknya. Atas dasar itulah maka penulis membuat suatu aplikasi informasi Penjualan pada  PORTAL HELM dalam bentuk Website melalui jaringan Internet yang tentunya dapat diperoleh dari manapun dan oleh siapa pun, khususnya para pencari produk – produk yang di pasarkan oleh ” PORTAL HELM” ini yaitu bermacam-macam helm.

Pada penulisan ilmiah ini penulis membuat suatu aplikasi web yang sifatnya interaktif dan dinamis, karena web tidak semata-mata hanya untuk menampilkan suatu informasi penjualan saja atau istilah lainnya disebut dengan E-commerce tetapi web juga dapat dijadikan suatu media untuk berinteraksi antara client dan server.
Aplikasi web dalam pembuatannya dikenal ada dua teknologi yaitu server-side dan client-side. Pada server-side, proses dilakukan di server dan client-side (web browser) hanya menerima hasilnya. Dalam hal ini penulis menggunakan teknologi PHP (PHP Hypertext Preprocessor). PHP merupakan teknologi server-side yang diciptakan Rasmus Lerdorf yang berfungsi sebagai pengolah data yang digunakan di dalam suatu aplikasi web, sehingga tercipta suatu web yang dinamis dan interaktif. Adapun judul dari penulisan ilmiah ini adalah “ Sistem Penjualan Helm Secara Online Berbasis Website Pada PORTAL HELM”

1.2               Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi permasalahan yang ada pada website ini yakni pemesanan produk bisa dipesan secara online, melalui fasilitas shoping cart  yang di sediakan dalam website tersebut. Untuk pembayarannya saat ini hanya dilakukan secara Cash On Delivery (COD), dengan alasan system keamanan transaksi, untuk menjaga kepercayaan transaksi antara penjual dan pembeli. COD artinya  pihak dari yang bersangkutan akan menghubungi pelanggan yang memesan produk tersebut dan transaksi terjadi pada saat bertatap muka.

1.3              Tujuan Penelitian
Adapun maksud dari penulisan ini adalah membuat website yang dapat memberi manfaat sebagai berikut :
1.      Dapat merancang aplikasi yang dapat membantu proses pemesanan helm dan transaksi yang dilakukan tanpa bertatap muka antara penjual dan pembeli.
2.      Dapat menerapkan serta memberikan cara yang mudah dalam proses pemesanan barang melalui media elektronik.

1.4 Metodologi Penelitian
      Penelitian  yang  dilakukan  melalui  beberapa  tahap  yakni  tahap  pengumpula data, perancangan Website, pembuatan website serta tahap implementasi website ( Upload Website).
   Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka terhadap beragam literatur berupa buku-buku yang membahas mengenai pembuatan website dengan aplikasi Dreaweaver, PHP dan MySQL.
   Perancangan  aplikasi  dilakukan  untuk  merencanakan  alur  program (Struktur Navigasi),  serta rancangan tampilan untuk website yang akan dibuat.
   Tahapan selanjutnya yang dilakukan ialah pembuatan website menggunakan aplikasi Macromedia Dreamweaver, PHP dan MySQL sebagai tool Aplikasinya.
    Tahapan  terakhir  dalam  pembuatan  Website ini  ialah  tahapan  implementasi. Pada tahapan ini dilakukan proses Upload ke Internet agar dapat di publish.

1.5  Sistematiaka Penulisan
Penulisan ilmiah ini telah terbagi menjadi beberapa bab, dan tiap-tiap bab dibagi ke dalam beberapa subbab. Secara garis besar pembahasan dalam penulisan ilmiah ini akan disajikan sebagai berikut :

1               :     PENDAHULUAN
Dalam bab ini berisi beberapa bagian yaitu umum, yang berisi penjelasan umum, maksud dan tujuan dari penulisan ini, metode penelitian yang digunakan dalam penulisan, batasan masalah dan sistematika penulisan ini.

2               :     LANDASAN TEORI
Bab ini akan membahas Internet secara singkat, pengertian E – commerce, pengertian Shopping Cart, konsep Macromedia Dreamweaver 8,  konsep PHP dan MySqL, struktur navigasi.

3               :     PEMBAHASAN
Bab ini akan membahas mengenai analisis, struktur navigasi, Story Board ( Alur Cerita), langkah – langkah pembuatan web, pembuatan database, spesifikasi hardware dan software yang digunakan.
4               :     PENUTUP

Merupakan ringkasan dari isi penulisan ilmiah yang berisi tentang hasil analisa yang telah dilakukan, dan juga saran yang dapat diberikan terhadap masalah tersebut agar dapat diperoleh solusi yang diinginkan. 

0 komentar:

Posting Komentar